Kamis, 17 Januari 2013

Pemanfaatan Air Dan Ventilasi


Air adalah sumber daya alam yang mutlak diperlukan oleh makhluk hidup. Ribuan tahun yang lalu, manusia telah menemukan manfaat dari air yang mengalir. Dari pemanfaatan air yang sangat sederhana seperti penggunaan arus sungai untuk trasportasi, manusia terus mengembangkan cara- cara untuk menagkap energi air yang emngalir. Energi tersebut dapat dikonversikan menjadi energi mekanik. Hal ini dapat dilakukan dengan kincir atau turbin air dengan generator listrik. Dalam skala besar prinsip ini diterapkan pada sungai besar dengan membuat bendungan untuk pembangkit listrik tenaga air. dengan sebuah ion hidroksida (OH-).

Pemanfaatan air hujan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain curah hujan, nilai kelulusan batuan luas tutupan bangunan, muka air tanah, dan lapisan akuifer. Agar  pengelola bangunan maka diperlukan tata cara pemanfaatan air hujan.

Kita sebagai salah satu makhluk hidup yang menggunakan air, kita harus menjaga dan memanfaatkannya dengan baik. Tetapi, dalam kenyataannya masih ada beberapa orang yang tidak menjaga dan memanfaatkan tapi kebalikannya. Mereka merusak air dan mensia-siakan. Mereka membung sampah di sungai, membuang-buang air seenak mereka, dan masih banyak perilaku mereka yang mungkin tidak mereka sadari bahwa tindakan itu akan merugikan dirinya sendiri. Mungkin di saat mereka merasakan akibat dari perbuatan mereka sendiri seperti terjadinya banjir, air bersih sulit di dapat, anak-anak yang bersekolah jadi tidak bisa bersekolah karena banjir, mereka baru akan sadar bahwa perilaku mereka dulu sangat merugikan banyak orang termasuk dirinya sendiri.

 Jadi, kita sebagai anak muda zaman sekarang kita jangan hanya main facebook, twitter, skype, dan lain-lain. Kita harus memperhatikan lingkungan sekitar kita. Mungkin dimulai dengan pemanfaatan air yang baik. Bisa dimulai dengan melakukan hal yang kecil tapi berguna. Misal dengan buang sampah di tempat sampah.

Pemanfaatan air yang lainnya contohnya adalah di SMP Negeri 9 Yogyakarta juga ada budaya untuk memanfaatkan air dengan baik. Ada washtefle yang di gunakan oleh para murid dan guru untuk mencuci tangan. Mencuci tangan di air mengalir dapat lebih menjaga kebersihan tangan.



Jadi, kesimpulannya adalah kita harus selalu menjaga dan menghargai segala sesuatu yang diciptakan tuhan di dunia ini. Karena kalau bukan karena mereka kamu tidak dapat melakukan apapun

Ventilasi adalah salah satu unsur bangunan yang sangat penting. Ventilasi mempunyai banyak fungsi. Fungsi pertama adalah untuk menjaga agar aliran udara di dalam rumah tersebut tetap segar. Hal ini berarti keseimbangan O2 yang diperlukan oleh penghuni rumah tersebut tetap terjaga. Kurangnya ventilasi akan menyebabkan kurangnya O2 di dalam rumah yang berarti kadar CO2 yang bersifat racun bagi penghuninya menjadi meningkat. Di samping itu tidak cukupnya ventilasi akan menyebabkan kelembaban udara di dalam ruangan naik karena terjadi proses penguapan cairan dari kulit dan penyerapan.

Fungsi kedua daripada ventilasi adalah membebaskan udara ruangan dari bakteri-bakteri terutama bakteri-bakteri penyebab penyakitkarena disitu selalu terjadi aliran udara yang terus-menerus. Bakteri yang terbawa oleh udara akan selalu mengalir.

Fungsi ketiga adalah untuk menjaga agar ruangan rumah selalu tetap di dalam kelembaban yang optimal.
Ada 2 macam ventilasi, yakni :
  • Ventilasi alamiah, di mana aliran udara di dalam ruangan tersebut terjadi secara alamiah melalui jendela, pintu, lubang angin, lubang-lubang pada dinding dan sebagainya.
  • Ventilasi buatan, yaitu dengan mempergunakan alat-alat khusus untuk mengalirkan udara terebut, misalnya kipas angin.
Rumah yang sehat memerlukan cahaya yang cukup, tidak kurang dan tidak terlalu banyak. Kurangnya cahaya yang masuk ke dalam ruangan rumah, terutama cahaya matahari disamping kurang nyaman, juga merupakan media atau tempat yang baik untuk hidup dan berkembangnya bibit-bibit penyakit. Karena kebutuhan cahaya itu dapat ditangani dengan adanya ventilasi. Ventilasi dapat digunakan sebagai tempat keluar masuknya cahaya.

Hal itu juga berpengaruh pada penghematan energi.Karena, pengguna ruangan tidak perlu menghidupkan lampu sehingga dapat membantu perilaku hemat energi. Tak hanya pada aspek pencahayaan ventilasi pada ruangan juga ada pada aspek udara yang masuk. Pengguna ruangan tidak perlu menghidupkan AC atau kipas angin karena udara atau angin dapat masuk ke dalam ruangan tersebut.



Tentang pemanfaatan ventilasi itu juga di berlakukan di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Di sini para guru dan siswa tidak perlu menghidupkan kipas atau lampu karena ruang kelas sudah cukup cahaya dan udara. Proses belajar mengajar pun dapat terbilang santai dan nyaman. Karena cahaya dan angin sepoi-sepoi yang masuk lewat ventilasi dan jendela dapat membuat suasana menjadi nyaman. Dan suasanapun bisa menjadi seperti menyatu dengan lingkungan sekitar. Jadi, ruangan nyaman belajar nggak bosan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar