Kamis, 17 Januari 2013

Kurangi Kresek : Menambah kualitas tanah


Saat berbelanja di sebuah Mall terkenal di Jogja, aku dibuat kesal oleh petugas kasir yang dengan ramah berkata, ”sejak bulan Agustus kami  tidak menyediakan tas plastik lagi.“Jengkel rasanya sudah belanja eh diminta beli tas pula, padahal dengan kantong plastik atau yang lebih dikenal dengan kresek semua menjadi lebih mudah.

Sepanjang jalan aku menggerutu dalam hati karena harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli sebuah tas belanja. Saat itu tak sengaja aku melihat banyaknya sampah plastik menggunung di pinggir bantaran sungai dan tentu saja disepanjang sungainya. Pemandangan yang membuat hati ini tersadar, ternyata kantong plastic yang praktis itu bisa membuat masalah besar di lingkungan kita.

Sampah plastik membutuhkan waktu 1000 tahun agar bisa terurai. Waktu yang sangat lama bukan? Diperkirakan setiap orang menghabiskan 170 kantong plastik setiap tahunnya. Lebih dari 17 milyar kantong plastik dibagikan secara gratis oleh supermarket di seluruh dunia setiap tahunnya. Jadi dapat dibayangkan berapa jumlah sampah yang digasilkan dari kantong plastic tersebut ?

sudah selayaknya kaum muda lebih peduli dan ramah kepada lingkungan, karena generasi muda akan menentukan penyelamatan lingkungan di masa mendatang. Apa yang bisa kita lakukan dengan sampah plastic ini?kalau kita membakar sampah plastik maka racun yang ada dalam sampah tersebut akan membuat polusi di udara termasuk pada udara yang kita hirup yang dapat membuat kita sakit. Jika kita mengubur sampah plastic, racun yang ada di dalam sampah akan meresap atau merembes kedalam tanah dan membuat air yang ada dalam tanah akan tercemar begitu juga lingkungan di sekitarnya. Dan jika kita membuang sampah plastik, racun yang ada dalam sampah dapat mencemari lingkungan di sekitar kita, makhluk hidup dan lingkungan kita akan mengalami kerusakan dan racun akan terus bertambah dimana-mana.

Jadi sejumlah uang yang kita inveskan untuk membeli tas belanja ramah lingkungan, bisa menyelamatkan bumi kita.  Jadi dengungkan gerakan NO KRESEK ANYMORE…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar