Kamis, 17 Januari 2013

Global Warming


Global Warming adalah pemanasan global (bumi). Pemanasan terhadap lapisan ozon bumi yang menyebabkan ozon berlubang, hingga panas matahari dapat langsung turun ke bumi tanpa dihalangi oleh ozon.
            Global Warming biasanya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
-          Pembakaran hutan
-          Polusi udara
-          Adanya rumah (bangungan) kaca
-          Membakar sampah sembarangan
-          Dsb.

Pembakaran hutan, banyaknya hutan yang dibakar menyebabkan musnahnya pepohonan. Padahal pepohonan kan, paru-paru bumi, yang menghasilkan udara segar, serta menyerap air. Disaat sedang bersuhu panas, pohon dapat memberikan naungan teduh dan udara segar yang masih kita hirup. Pembakaran hutan juga menyebabkan ozon berlubang drastis, kenapa? Asap panas yang mengepul dapat melubangi ozon. Semakin banyak asap yang mengenai ozon, semakin besar lubangnya.

Polusi udara, sebenarnya hampir setiap hari kita sendiri yang menyebabkan ‘polusi udara’. Asap dari knalpot motor dan mobil, termasuk penyebab polusi udara, kan? Apalagi kalau motor-mobil-truk-bus bergabung menjadi satu di sebuah jalan raya, beuhh.. Pasti banyak polusi udara yang menyebabkan kalian batuk-batuk sampai-sampai harus pakai masker. Nah, asap-asap dari kendaraan itu nggak cuma mengusik paru-paru kalian kok, tapi juga mengusik ozon hingga berlubang.

Adanya rumah atau bangunan kaca, biasanya ini dibuat untuk kantor-kantor perusahaan gitu lah. Kalau kalian pernah lihat, biasanya ada kantor-kantor ‘bangunan kaca’ ini menjulang tinggi sampai beberapa lantai. Dan itu semakin memperbesar resiko melubangi ozon. Karena panas matahari jika terkena rumah/bangunan kaca akan mematulkan panasnya kembali ke langit (tepatnya ozon). Kalau ada yang bilang panasnya masuk ke rumah/bangunan kaca itu, itu salah, karena yang masuk melewati kaca itu sebenarnya ‘sinar’-nya bukan ‘panas’-nya.

Membakar sampah sembarangan, hampir sama lah dengan pembakaran hutan. Karena membakar sampah sembarang menyebabkan banyaknya asap yang mengepul ke udara sehingga ozon berlubang. Terus jadi polusi udara. Lah terus gimana? Gak boleh bakar sampah dong? Boleh, Cuma jangan ‘sembarangan’, misalnya kayak di tempat terbuka. Setidaknya harus ada penghalang secara tidak langsung asap untuk mengepul ke udara.

Global warming nggak bakal terjadi, kalau kalian tau cara pencegahannya. Sebelum terlambat, berikut cara pencegahannya:
  1. Kurangi Penggunaan Kendaraan bermotor.
  2. Hematlah penggunaan listrik, hanya gunakan listrik saat di perlukan.
  3. Jangan bakar sampah sembarangan. Ciptakan rumah sehat dan indah dengan menanam sedikit nya satu tanaman hias di rumah.
Gimana? Gak susah kan? ya iyalah. Mulailah melestarikan lingkungan dari tindakan paling kecil seperti menanam setidak nya satu pohon di lingkungan sekitar mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar